Makanan yang Mengandung Kalium Mudah untuk Ditemukan

Makanan yang mengandung kalium jenisnya banyak. Kalium merupakan elektrolit yang memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Fungsinya antara lain menjaga keseimbangan cairan, memastikan saraf, otot, jantung dan otak dapat bekerja optimal.

Fungsi lainnya adalah menstabilkan tekanan darah, mencegah berbagai penyakit seperti ginjal, pengeroposan tulang maupun stroke. Apabila kekurangan elektrolit tersebut maka akan mempengaruhi kesehatan.

Orang dewasa harus mengonsumsi kalium minimal sebanyak 4.700 mg per hari. Anda bisa mendapatkan asupan tersebut dari berbagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi

Ada banyak jenis makanan tinggi kalium, contohnya seperti di bawah ini. Jenis makanannya wajib dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tersebut dan nutrisi lainnya.

1. Tomat

Tomat segar wajib dikonsumsi karena menjadi salah satu sumber kalium. Namun, kandungannya lebih tinggi pada tomat kering atau telah diolah menjadi saus.

Kandungan pada semangkuk tomat kering mencapai 1.800 mg. Selain itu, tomat juga kaya serat, likopen, protein serta vitamin C sehingga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kentang

Kentang merupakan makanan yang mengandung kalium tinggi, yaitu 600 mg setiap satu buah. Nutrisi lainnya adalah vitamin B6, vitamin C, karbohidrat maupun zat besi.

3. Pisang

Satu buah pisang kandungan kaliumnya 420 mg. Pisang bagus dikonsumsi karena mengandung vitamin C, vitamin B6 dan antioksidan. Selain itu, kaya karbohidrat dan serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

4. Ubi

Kalium yang terkandung dalam satu buah ubi lebih tinggi daripada pisang, yaitu sebanyak 500 mg. Ditambah lagi ubi memiliki kandungan serat, vitamin C, beta karoten dan karbohidrat yang kaya manfaat.

5. Alpukat

Jumlah kalium di alpukat sangat tinggi, yaitu 900 mg. Cara mengkonsumsinya bisa dicampur dengan beragam makanan. Selain itu, dibuat jus bersama air kelapa atau pisang.

6. Seafood

Makanan yang mengandung kalium selanjutnya adalah seafood atau makanan laut. Contohnya seperti ikan tuna, kerang, tenggiri dan salmon. Ikan laut juga mengandung vitamin D dan asam lemak omega 3.

7. Kacang Merah

Kacang merah juga bagus untuk kesehatan karena kadar kaliumnya tinggi, yaitu 600 mg dalam 100 gram. Cara mengolahnya direbus, setelah itu bisa langsung Anda makan atau campurkan dengan salad.

Proudly powered by WordPress | Theme: Journey Blog by Crimson Themes.