Makanan Tinggi Kalori untuk Anak yang Direkomendasikan

Makanan tinggi kalori untuk anak adalah pilihan tepat untuk membuat anak memiliki berat badan ideal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja jenis makanannya.

Pasalnya, tidak semua makanan tinggi kalori baik untuk dikonsumsi, terlebih jika si kecil mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Untuk itu, penting bagi orang tua memilih menu yang sehat dan bergizi untuk membantu meningkatkan berat badan ideal anaknya.

Agar hasilnya semakin efektif, para orang tua juga harus tetap mengontrol porsi serta frekuensi makan. Sebab terlalu banyak mengonsumsi menu yang kalorinya tinggi juga bisa menyebabkan kegemukan atau masalah kesehatan lain.

Karena itu, pastikan gizinya tetap seimbang, mulai dari kalori hingga vitamin dan karbohidrat. Cukupi juga asupan cairan pada anak melalui konsumsi air putih, sehingga berat badannya ideal serta bisa berkembang dengan sehat.

Berikut Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori untuk Anak

Ada banyak sekali pilihan makanan kaya kalori yang bisa diberikan kepada anak. Sebagai panduan, berikut ini beberapa rekomendasi menu yang kalorinya tinggi namun tetap sehat serta cocok dikonsumsi oleh si buah hati:

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, sapi, atau ikan dapat menjadi sumber makanan tinggi kalori untuk anak. Daging juga dikenal kaya protein, namun pastikan untuk memasaknya dengan cara sheat seperti dipanggang atau direbus tanpa minyak berlebih.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat, serat, kalori, serta nutrisi penting lainnya seperti vitamin C dan K. Agar si kecil tidak bosan, alpukat dapat diberikan dalam bentuk jus atau potongan buah segar sebagai camilan sehat.

3. Susu Full Cream

Susu full cream mengandung lebih banyak lemak dan kalori dibandingkan dengan susu rendah lemak atau susu skim. Oleh karena itu, susu full cream dapat menjadi pilihan pendamping menu makanan tinggi kalori untuk anak yang berat badannya sulit naik.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, hingga kacang tanah mengandung lemak sehat serta protein tinggi, begitu juga dengan kalorinya. Jadi, kacang-kacangan dapat menjadi camilan sehat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

5. Telur

Telur mengandung kalori, protein, serta lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan berat badan. Telur juga mengandung berbagai vitamin serta mineral penting bagi si kecil, seperti vitamin D dan vitamin B12.

Tips Memberi Asupan Makanan Tinggi Kalori untuk Anak

Selain memberi beberapa rekomendasi makanan di atas, ada beberapa hal penting yang juga perlu diperhatikan oleh para orang tua. Supaya anak tetap sehat serta gizinya tercukupi, berikut beberapa tipsnya:

  1. Beri porsi makan secukupnya. Jangan memberikan terlalu banyak makanan karena dapat menyebabkan kelebihan berat badan.
  2. Terapkan frekuensi makan yang tepat, misalnya tiga kali makan utama dan dua kali camilan dalam sehari. Hindari memberikan makanan berlebihan atau terlalu sedikit.
  3. Jangan hanya fokus pada kalori. Beri kombinasi makanan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh anak.
  4. Hindari makanan tidak sehat seperti fast food, gorengan, atau makanan manis dengan ekstra gula berlebih. Jenis makanan tersebut tidak sehat dan hanya akan menambah lemak, bukan meningkatkan berat badan dengan sehat.
  5. Konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh informasi tentang jenis makanan yang tepat dan data terkait jumlah kalori yang dibutuhkan oleh anak.

Kelima tips di atas sangat penting untuk diterapkan saat memberi asupan nutrisi bagi anak. Dengan kombinasi makanan tinggi kalori untuk anak disertai jenis nutrisi lain, Anda bisa meningkatkan berat badan si kecil secara optimal.

Proudly powered by WordPress | Theme: Journey Blog by Crimson Themes.